Kamis, 02 Maret 2017

Marketing 0 Rupiah dengan Word Of Mouth

Marketing 0 rupiah? 

Bagaimana bisa di era sekarang yang serba berbayar tapi bisa mendapat marketing 0 rupiah? Ingat, di dunia ini masih banyak orang baik yang juga suka merekomendasikan pada teman-temanya tentang suatu hal. 

WOM (Word Of Mouth) sudah lama dikenal dalam dunia marketing. Bahkan tanpa kita sadari cara ini sudah kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari. Pernahkah Anda membeli makanan karena rekomendasi teman? Pasti pernah.  

PECEL 

 "Wah pecel di mak sri depan SMP enak banget bro"

Bayangkan apakah si mak sri penjual pecel membayar biaya marketing? Tentu ini adalah marketing gratis karena kepuasan pelanggan. Bisa dari rasa yang enak, bisa juga dari pelayanan yang ramah.

Menurut Kotler & Keller (2007) mengemukakan bahwa Word of Mouth Communication (WOM) atau komunikasi dari mulut ke mulut merupakan proses komunikasi yang berupa pemberian rekomendasi baik secara individu maupun kelompok terhadap suatu produk atau jasa yang bertujuan untuk memberikan informasi secara personal. 

Artinya cara ini sangat berguna jika diaplikasikan dalam bisnis kita. Saya mulai menerapkan WOM ke produk saya sendiri. Contohnya, saya membuat strategi untuk gimana setiap pelanggan yang beli sus kering Emmh! bisa upload di instagram mereka. Lalu apa efeknya? Ya WOM itu akan mulai berjalan.
Sus kering Emmh!
Sus kering Emmh!

 "Wah sus keringnya ternyata ada 6 rasa, beda sama sus kering biasanya"

Setiap 1 pelanggan upload akan dilihat oleh ratusan hingga ribuan followers mereka. Dan begitu seterusnya hingga ada setidaknya 1:50 orang yang tertarik atau hanya ingin tau dengan produk kita. Apalagi tipikal orang Indonesia adalah "KEPO" Jadi cara ini sangat berlaku di Negara Kita :D

Nah, bagaimana dengan produk Anda? Sudahkah membuat strategi agar WOM ini bisa berjalan dengan baik? Yuk sama-sama belajar dan evaluasi :)

Instagram: @emmh.snack 
www.emmhsnack.com .com

1 komentar:

Contact

Hubungi Kami

Kami membuka peluang usaha sebagai Agen atau Reseller untuk produk Emmh! Snack. Silahkan mengisi form berikut untuk mendaftar

Pusat Pemasaran:

Jl. Mandala Utara Raya No. 10 Tomang, Jakarta Barat

Jam Buka:

Senin - Sabtu (09.00 - 17.00) WIB

Email:

emmhsnack@gmail.com